Home / Kegiatan / Pembekalan Wawasan kebangsaan kepada Mahasiswa Baru UMI Padang Lampe oleh Pangdam VII/Wrb

Pembekalan Wawasan kebangsaan kepada Mahasiswa Baru UMI Padang Lampe oleh Pangdam VII/Wrb

2Pangkep,Kodim 1421 –  Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Agus Surya Bhakti tiba di Wisma Rektorat Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin UMI Padanglampe Kp. Sambau Desa Padanglampe Kec. Ma'rang Kab. Pangkep disambut oleh Ketua Yayasan UMI H. Mokhtar Noer Jaya MA,  Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, MA. Danrem 142/Ttg Kolonel Inf Tandyo Budi Revita, Unsur Muspida Kab. Pangkep, Para Wakil Rektor, Para Dekan, para ketua lembaga UMI, Unsur Muspida dan wakil ketua Pengadilan Negeri Kab. Pangkep (26/8).

1Pangdam VII/Wrb memberikan materi Kuliah umum kepada 735 orang Maba UMI Gelombang ketiga TA. 2016 dengan tema " Peran Mahasiswa dalam memerangi wawasan kebangsaan berbasis karakter dan integritas ".

Inti materi yang dibawakan menjelaskan tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan meliputi saling menghargai, saling menghormati, mengedepankan musyawarah, kerjasama dan gotong royong, toleransi dalam perbedaan, ramah, santun dan berbudaya serta cara mengimplementasikan wawasan kebangsaan seperti berfikir dan bersikap kritis untuk yang lebih baik.

UMI menjadi garda terdepan dalam menjaga pluralitas dan diharapkan bisa mencintai kearifan lokal dan produk dalam negeri. Dalam materinya Pangdam VII/Wrb menjelaskan tentang Proxy war, dunia maya meliputi pembentukan opini, disinformasi, provokasi, pengalihan isu, pembunuhan karakter dan penyebaran paham radikal, kita tidak dibenarkan mengintimidasi (pemaksaan), tidak boleh Anarkis, hindari bentrok, baik sesama Mahasiswa, Masyarakat, maupun kepada TNI-POLRI, Jauhi Narkoba “Say No To Drug”, jauhi sikap hedonisme dan materialisme dan yang lebih penting saat ini jangan terpengaruh terhadap Faham Terorisme yang semakin marak bermunculan di medsos.

5“apakah begal di Indonesia bisa di tumpas”

Menjawab salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh Maba (Zaenal) Pangdam VII/Wrb menjelaskan bahwa Begal bisa di tumpas, TNI siap membantu Polri bila itu dibutuhkan tentunya harus melalui prosedur.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut Danrem 142/ttg (Kolonel Inf Budi Tandiyo Ravita), Unsur Muspida Kab. Pangkep, Wakil ketua Pengadilan Negeri Kab Pangkep, Staf Ahli Pangdam Kolonel Inf S.Suleman, Asintel Kasdam VII/Wrb Kolonel Inf J.Lumban Toruan, Ketua pengurus yayasan UMI (H. Mokhtar Noer Jaya MA), Rektor UMI (Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar MA), Wakil rektor III (Prof.Dr.Ahmad Gani SE.M.Si), Wakil rektor IV (Drs.KH.Zein Irwanto), Wakil rektor V bidang perencanaan dan kerja sama Prof. Dr. Ma'ruf Hafidz. SH.MH, Para dekan fakultas, para ketua lembaga lingkup UMI, Para PA Staf, Danramil dan Wadanramil Jajaran Kodim 1421, Unsur Muspika Kec. Ma'rang.

42Setelah melaksanakan shalat jumat bersama di Masjid Baitul Rahman pesanteren UMI Mukhlisin Padang Lampe, Bapak Pangdam meninggalkan pesantren UMI darul Mukhlisin Padang Lampe menuju Makassar.

About kodim1421

Check Also

Karya Bakti Gabungan Libatkan Danramil Bungoro dan Danramil Minasatene

PANGKEP-- Karya Bakti gabungan dari PT Semen Tonasa dipimpin oleh Kabag Humas PT Semen Tonasa …

.